Pengolahan Limbah Air Dengan Karbon Aktif

pengolahan limbah air

Pada saat ini, air bersih dan segar terus semakin terhambat seiring dengan meningkatkan populasi dan kebutuhan air tumbuh di planet bumi ini. Karbon aktif merupakan salah satu teknologi terbaik yang tersedia untuk meningkatkan kualitas air.

Karbon aktif dapat digunakan untuk membersihkan air yang terkena kontaminan seperti zat mineral, senyawa organik, dan garam. Dikarenakan karbon aktif mempunyai pori-pori yang sangat besar, sehingga karbon aktif dapat menyerap apapun yang melewatinya.

Yang menjadi masalah pada saat ini adalah semakin banyaknya air limbah, yang membuat pencemaran pada air disekitarnya. Misalnya, air limbah rumah tangga (air sisa cuci piring dan cuci pakaian) dan industri besar lainnya. Maka dari itu, karbon aktif bubuk dan series butular sering digunakan untuk pengolahan limbah, dan biasanya teknik pengolahan dilakukan dengan teknik biologis, flokulasi, dan filtrasi mekanis. Karbon bertindak untuk menyerap COD residu atau organik terlarut dan bahan beracun sebelum dibuang.

 

Peralatan atau instrument yang dibutuhkan

Peralatan: Penyaringan partikulat, tabung rekator yang tersusun dari distributor karbon aktif, dan pompa udara.

Cara kerja: Peralatan yang digunakan sederhana, mudah untuk dirancang atau direalisasikan, dan membutuhkan lahan yang relatif kecil.

Pengunaan alat: Air limbah dialirkan menuju bak penyaring partikulat sehingga partikel dengan massa lebih berat akan mengendap dan limbah cair akan menuju pompa influen dan dialiarkan menuju tabung reaktor yang mengandung karbon aktif. Dan selanjutnya limbah akan dibiarkan bereaksi dengan karbon aktif. Setelah itu proses treatment, air limbah (efluen) akan dialirkan keluar dari tabung reaktor.

 

Metode pengolahan limbah dengan karbon aktif

Metode yang digunakan untuk pengolahan limbah air adalah Metode Adsorbsi. Metode Adsorbsi merupakan proses pemisahan air dari pengotorannya dengan cara penyerapan pengotor, seperti partikel-partikel halus, kation-kation terlarut atau bau yang terkandung dalam air. Media adsorbsi yang biasa digunakan dalam pengolahan air adalah karbon aktif atau mineral zeolite. Karbon aktif atau zeolite memiliki sifat sebagai adsorben sehingga mampu menyerap partikel-partikel atau kation-kation dan bau yang terlarut atau tercampur dalam air.

Dengan metode tersebut, maka air yang sudah menjadi limbah akan menjadi air yang sudah tidak memiliki zat yang beracun dapat digunakan kembali, namun tidak untuk dikonsumsi. Dengan kata lain air limbah tersebut tidak menyebabkan pencemaran bagi lingkungan sekitarnya. Karbon aktif yang bermutu tinggi akan membuat kinerja yang ditimbulkan karbon aktif tersebut semakin berkualitas, DeutschCarb adalah salah satu supplier karbon aktif yang bermutu tinggi yang telah menjadi pemimpin dalam bidang pengembangan dan penjualan karbon aktif. Kunjungi www.karbon-aktif.com dapatkan informasi lebih lanjut mengenai karbon aktif DeutschCarb.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *