Peran Karbon Aktif Dalam Pengolahan Emas Yang Berkualitas

pengolahan emas

Pengolahan karbon aktif sangat berperan penting saat pengolahan emas, karena karbon berfungsi untuk mengangkap emas. Maka dari itu, pemilihan karbon aktif yang tepat, sangat berdampak pada hasil yang akan didapatkan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui karbon aktif yang paling tepat untuk pengolahan.

Saat pemilihan karbon aktif yang baik ada banyak hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu seperti melihat dalam segi kekerasannya, kandungan abu yang menempel, bersih dari pecahan karbon kecil yang dapat hanyut saat proses pemisahan, dan memiliki ukuran karbon yang besar.

Untuk lebih mengetahui jenis karbon yang baik untuk digunakan dalam pengolahan emas harus mempunyai spesifikasi sebagai berikut:

  • Iodine number: 800 atau 1000 mg/g
  • Mean particle diameter: 6×12 mesh min. 2.48 mm atau 8×16 mesh min. 1.55 mm
  • Apparent density (Bulk Density = Berat Jenis): 450-550 kg/m3
  • Total ash content max: 4%
  • Moisture content max: 5%
  • Bahan pembuat: batok kelapa

Terdapat spesifikasi yang harus diperhatikan dalam pengolahan emas dengan karbon aktif, yaitu IODINE dan HARDNES. IODINE merupakan ukuran atau nilai daya serap dari karbon tersebut terhadap partikel 2 logam. Dan apabila nilai IODINE yang tinggi otomatis daya serap karbon terhadap emas pun semakin kuat dan besar sehingga emas dalam pengolahan dapat diserap secara keseluruhan.

Sedangkan, HARDNESS merupakan tingkat kekerasan atau kekuatan karbon (semakin tinggi semakin keras dan tidak mudah remuk), semakin sedikit karbon pecah-pecah semakin sedikit pula emas yang terbuang. Hal ini dikarenakan apabila karbon remuk atau pecah tidak dapat ditangkap dalam proses penyaringan karbon, sehingga remukan karbon akan terbuang ke pembuangan limbah.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan activated carbon dalam pengolahan emas. Maka dari itu, dalam pengolahan emas banyak pengolah mencuci terlebih dahulu karbon sampai bersih. Akan tetapi, pencucian terhadap carbon active akan berdampak buruk pada IODINE akan menurun secara drastik.

Dengan penggunaan karbon aktif yang tepat akan lebih memudahkan Anda dalam pengolahan emas, terutama pada IODINE dan HARDNESS. Pastikan Anda mengunakan karbon aktif dari DeutschCarb yang bermutu tinggi dengan kualitas premium, yang menawarkan karbon aktif bubuk (PAC) dan Granular activated carbon (GAC). Kunjungi www.karbon-aktif.com dapatkan karbon aktif yang berkualitas premium dengan mutu tinggi.