Mengapa Air Tanah Sering Berbau Besi Dan Warna Kuning? Hilangkan Dengan Cara Berikut Ini

Air Tanah Berbau

Aktif Karbon –  Anda tentu pernah menemukan kondisi dimana air tanah yang digunakan sehari-hari memiliki bau seperti besi dan juga memiliki warna yang sediki kekuningan. Meskipun tidak semua wilayah di Indonesia mengalami hal seperti ini, namun bisa dipastikan bahwa kadang kala hal ini pernah terjadi. Kondisi air tanah yang berbau dan berubah warna tersebut biasa akan berkaitan dengan kandungan air yang dimiliki.

Hal ini juga dijelaskan oleh seorang pakar air, yakni Dr Ir Firdaus Ali, M. Sc yang menyatakan bahwa jika air tanah yang digunakan memiliki bau seperti besi, maka bisa saja air tersebut telah mengandung mangan yang berlebihan. Sedikitnya, kandungan mangan yang terdapat pada air berkisar 0,3 mg/I. Dan jika takarannya berlebih, maka baru akan menimbulkan rasa dan bau.

“Kita bisa melihatnya sendiri, secara kasat mata, bahwa jika air mengandung mangan yang berlebih maka akan menimbulkan noda jika air tumpah di porselen, karena memang air tersebut mengandung zat kimiawi,” ujarnya.

Tak hanya itu, lebih lanjut ia mengatakan bahwa jika air memiliki warna ataupun bau, bisa juga disebabkan karna air tanah tersebut telah melewati berbagai hal, diantaranya seperti humus, ataupun area bekas rawa yang sudah lama.

Sayangnya masih banyak pengolahan air di rumah tangga yang belum menggunakan aktif karbon untuk menghilangkan zat kimia yang terkandung didalam air tersebut, agar bisa digunakan secara aman untuk digunakan sebagai kebutuhan sehari – hari .

Jika tidak menggunakan aktif karbon, maka kandungan kimia yang ada pada air tersebut dapat merusak dan menimbulkan berbagai masalah ringan hingga berat. Sebut saja seperti noda membandel di pakaian, bath tub, ataupun porselen.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana jika air yang mengandung zat kimia tersebut dikonsumsi?

“Jika memang dikonsumsi terlalu banyak, maka bisa berdampak pada gangguan ginjal. Karena zat kimia tersebut (mangan) bisa mempercepat terjadinya pengkristalan di ginjal. Maka lebih baik jika menggunakan aktif karbon, ” ujarnya.

Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan penetral air yang berbahan aktif karbon. Karbon Aktif sendiri bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi website www.karbon-aktif.com.

Untuk informasi lebih lanjut tentang aktif karbon ini, maka silahkan langsung mengunjungi www.karbon-aktif.com sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.