Mampukah Mengkonsumsi Karbon Aktif Benarkah Detox Tubuh Anda?

karbon aktif

Mampukah Mengonsumsi Karbon Aktif Meningkatkan Detox Tubuh Anda

Carbon active biasanya dibuat melalui pemanasan bahan-bahan kaya karbon seperti gambut, kayu, batu bara, dan bahkan batok kelapa pada suhu yang sangat tinggi — telah masuk ke dalam rutinitas perawatan Anda, muncul dalam produk perawatan kulit dan pasta gigi. Sekarang selangkah lebih maju: ke dalam makanan Anda. Lihat Instagram feed Anda dan Anda akan menemukan banyak orang yang makan dan minum makanan berwarna hitam.

Es krim, latte, limun, dan bahkan pancake hitam telah menjadi tren yang layak untuk dijadikan foto, tetapi mereka juga melonjak dalam popularitas karena alasan di luar estetika yang menyenangkan. Berbagai produk, selebritas, dan outlet media telah menyebutkan manfaat kesehatan karbon aktif, khususnya mengenai kemampuannya untuk “membersihkan” dan “detoksifikasi” tubuh Anda.

Tapi apakah benda hitam itu benar-benar merupakan peluru kesehatan ajaib? Kami merasa skeptis dengan hype seputar karbon aktif ini, jadi kami berkonsultasi dengan beberapa ahli untuk memecahkan klaim tersebut.

 

Bagaimana Karbon Aktif Mempengaruhi Tubuh Anda

Carbon active kelas preskripsi (prescription-grade) sebenarnya digunakan dalam situasi pengendalian racun, kata Robert Weber, R.Ph., Pharm.D., M.S., administrator layanan farmasi di The Ohio State University Wexner Medical Center.

Misalnya, Anda minum terlalu banyak minuman keras atau menelan terlalu banyak pil. Dokter Anda mungkin menggunakan karbon aktif untuk menyiram racun yang mengancam jiwa dari tubuh Anda. Karena memiliki pori-pori, karbon aktif akan bekerja untuk menyerap bahan aktif tersebut dan meneruskannya melalui sistem gastrointestinal Anda, katanya.

Tetapi tidak hanya mengikat hal-hal buruk di perut Anda, karbon aktif juga mengikat hal-hal yang baik, seperti nutrisi penting dari makanan sehat atau bahkan obat-obatan. Itu berarti Anda mungkin tidak dapat menyerapnya dengan benar. Itu bisa berisiko, terutama jika Anda bergantung pada sesuatu yang membutuhkan dosis tertentu, seperti obat tekanan darah.

Selain itu, jika Anda mengkonsumsi karbon aktif dalam jumlah besar, ada kemungkinan Anda bisa menjadi sangat sembelit, karena karbon dapat membentuk zat keras di usus Anda, sehingga limbah Anda akan mengalami kesulitan melewati dan keluar dari tubuh Anda. “Itu sebabnya kami memberi pasien obat pencahar yang ampuh ketika kami memberi mereka karbon aktif dalam situasi pengendalian racun,” kata Dr. Weber.

Karbon aktif juga telah hype karena potensinya untuk menurunkan kolesterol Anda, meminimalkan gas, dan mencegah hangover, tetapi tidak cukup bukti ilmiah untuk mendukung klaim tersebut, menurut US National Library of Medicine.

 

http://karbon-aktif.com/aktif-karbon-untuk-proses-filtrasi/

 

Haruskah Anda Makan Karbon Aktif?

Tujuan pengobatan carbon active adalah untuk mengobati keracunan. Tetapi, sulit untuk mengatakan apakah barang-barang hitam dalam makanan atau latte Anda sebenarnya sama atau mirip dengan senyawa kelas preskripsi (prescription-grade) yang digunakan di kantor dokter. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan menyatakan bahwa karbon aktif mereka adalah kelas makanan (food-grade), tetapi karena tidak diatur oleh Food and Drug Administration (FDA), itu tidak benar-benar jelas seperti apa — atau berapa tepatnya — yang ada di dalamnya, kata Dr. Weber.

Jadi, carbon active yang Anda makan dalam es krim Anda mungkin sangat berbeda dari apa yang diresepkan untuk mengobati keracunan. Tetapi, jika Anda bukan dirawat karena overdosis, maka benar-benar tidak ada alasan bagi Anda untuk mengkonsumsi karbon aktif.

“Kecuali Anda memiliki racun di perut Anda, Anda tidak benar-benar mendetoksifikasi diri sendiri saat menggunakan karbon aktif. Anda hanya mengikat isi perut Anda saat ini dengan karbon aktif, ”kata Dr. Weber.

Tidak mengherankan jika efek pengikatannya yang kuat menjadi identik dengan “detoksifikasi” tubuh Anda. Tetapi, sebenarnya tidak perlu membeli produk khusus untuk mendetoksifikasi tubuh Anda, kata Karen Ansel, M.S., R.D.N., penulis Healing Superfoods for Anti-Aging: Stay Younger, Live Longer.

“Hati dan ginjal Anda melakukannya untuk Anda dengan memecah racun dan menyiramnya sepanjang hari, setiap hari,” katanya. (Itulah mengapa diet detoks benar-benar tidak sesuai dengan waktu Anda.)

Jika Anda benar-benar mengkhawatirkannya, habiskanlah sayuran cruciferous, seperti brokoli dan kubis Brussel, yang dianggap membantu merintangi senyawa penyebab kanker yang mungkin ada di tubuh Anda, menurut National Cancer Institute. (Ingin membuat makanan dengan makanan terbaik untuk tubuh Anda? Simak Diet Metasred dari Men’s Health, itu penuh dengan resep yang akan membantu Anda mencapai tujuan kesehatan dan kebugaran Anda.)

“Strategi terbaik adalah fokus pada gambaran besar,” katanya. “Jika Anda makan setiap hari, Anda tidak perlu khawatir tentang detoksifikasi.”

 

Baca Juga: http://karbon-aktif.com/fungsi-dan-kegunaan-carbon-active/