Distributor Karbon Aktif Terbesar dan Terlengkap di Jabodetabek

Karbon Aktif

karbon aktif

Saat ini terdapat sebuah zat baru dalam dunia kesehatan dan kecantikan, zat ini disebut sebagai satu pendatang baru yang dikabarkan sangat ampuh untuk membersihkan tubuh dari berbagai racun dan zat-zat berbahaya. Pendatang baru disebut sebagai carbon active alias activated charcoal. Untuk, produk satu ini bukanlah sebuah karbon aktif yang biasa digunakan untuk membuat bara api. Melainkan, sebagai karbon atau zat arang yang dihasilkan dari bahan-bahan alami. Dan biasanya aktif karbon yang satu ini tersedia dalam bentuk pil atau bubuk.

Karbon aktif merupakan sebuah senyawa amorf yang dihasilkan dari bahan-bahan yang mengandung carbon active yang diperlukan secara khusus untuk mendapatkan daya adsorpi yang tinggi. Sebuah carbon active dapat mengadsorpsi gas senyawa-senyawa kimia tertentu atau sifat adsorpsinya selektif, dan tergantung pada besar volume pori-pori dan luas permukaan. Daya serapnya sangat besar, yaitu 25-1000% terhadap berat karbon aktif.

Dalam pembuatan karbon aktif terdapat tiga tahap, yaitu

  1. Proses dehidrasi
  2. Proses aktivasi
  3. Proses karbonisasi

Semua tergantung pada kualitas aktif pada jenis bahan baku, teknologi pengolahan, cara pengerjaan, dan ketepatan penggunaannya.

 

Apa itu activated charcoal alias karbon aktif?

karbon aktif

Sudah lama dikenal bahwa zat arang yang diaktifkan dapat menjadi pengikat dan penawar racun dalam tubuh. Dan zat ini biasanya dihasilkan dari tempurung kelapa sawit tua atau serbuk kayu. Sebuah aktif karbon akan diaktifkan untuk memperluas daya ikatnya. Untuk proses pengaktifan tersebut dilakukan dengan cara merendam karbon aktif pada sebuah bahan-bahan kimia tertentu. Dan salah satu aktif karbon yang biasa kita jumpai adalah obat pelancar pencernaan yang berbentuk pil atau tablet yang bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat.

1 Gram aktif karbon dapat memiliki luas permukaan lebih dari 500 m2, dengan 1500 m2 yang mudah dicapai. Aerogels karbon, sementara lebih mahal, memiliki area permukaan yang lebih tinggi, dan digunakan dalam aplikasi khusus.

Arang aktif melakukan absorpsi yodium sangat baik dan bahkan nomor, yodium mg/g, (uji metode standar ASTM / metode standar JIS test) digunakan sebagai indikasi area total permukaan.

Aktif Karbon dapat digunakan sebagai substrat untuk aplikasi dari berbagai bahan kimia untuk meningkatkan kapasitas adsorptive untuk beberapa anorganik (dan problematis organik) senyawa seperti hidrogen sulfida (H2S), amonia (NH3), formaldehida (HCOH), radioisotopes iodine-131 (131I) dan raksa (Hg). Properti ini dikenal sebagai chemisorption.

 

Butiran karbon aktif (GAC)

Butiran aktif karbon memiliki ukuran partikel yang relatif lebih besar dibandingkan dengan aktif karbon bubuk dan akibatnya, menyajikan permukaan eksternal yang lebih kecil. Difusi adsorbate adalah faktor penting. Karbon ini karena itu disukai untuk semua penyerapan gas dan uap sebagai tingkat difusi lebih cepat. Butiran karbon digunakan untuk pengolahan air, bau dan pemisahan komponen sistem aliran dan juga digunakan dalam campuran cepat baskom.

Program GAC dapat berupa dalam bentuk butiran atau diekstrusi. GAC ditetapkan oleh ukuran seperti 8 × 20, 20 × 40, atau 8 × 30 untuk aplikasi fase cair dan 4 × 6, 4 × 8 atau 4 × 10 untuk uap fase aplikasi. Karbon 20 × 40 terbuat dari partikel-partikel yang akan melewati saringan US standar Mesh ukuran No. 20 (0.84 mm) (umumnya ditentukan sebagai 85% melewati) tetapi dipertahankan pada US standar Mesh ukuran No. 40 saringan (0,42 mm) (umumnya ditentukan sebagai 95% dipertahankan). /AWWA (1992) B604 menggunakan Saringan jaring-50 (0.297 mm) sebagai ukuran GAC minimum. Karbon fasa air yang paling populer adalah ukuran 12 × 40 dan 8 × 30 karena mereka memiliki keseimbangan yang baik dari ukuran, luas permukaan, dan karakteristik kepala badan

 

Mengintip Proses Pembuatan Arang Aktif Karbon Untuk Proses Filtrasi

Bagi Anda yang belum tahu, terdapat beberapa perbedaan antara arang biasa dan arang aktif. Arang biasa akan terbentuk melalui proses karbonisasi kayu yang pada akhirnya akan menghasilkan zat karbon. Sementara untuk arang karbon aktif, arang tersebut akan melalui proses pemasnangan yang sangat tinggi ataupun lewat penggunaan beberapa campuran bahan kimia.

Dengan begitu, pori-pori kecil yang ada di dalam arang tersebut akan menjadi terbuka dan berubah menjadi bersifat adsorben. Dimana sifat ini merujuk kepada daya serap yang tinggi berkat jumlah pori-pori berukuran mikro yang sangat banyak. Sehingga pada penggunaannya, arang aktif  berguna untuk melakukan penyerapan terhadap berbagai cairan atau gas yang beracun, bau busuk yang tidak enak, hingga proses penjernihan air atau filtrasi.

Dan untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana proses pembuatan arang aktif ini sehingga mampu menjadi penjernih berbagai racun, maka simak artikel selengkapnya, dibawah ini.

Secara umum, proses pengolahan arang aktif karbon adalah sebagai berikut:

 

Proses Karbonisasi

Proses karbonisasi adalah sebuah proses yang dilakukan dengan memanaskan bahan baku untuk dijadikan arang dengan minimal suhu sekitar 300 derajat celcius hingga 9000 derajat celcius.

 

Proses Penggilingan (Crushing)

Setelah melewati proses pemanasan, maka bahan baku tersebut kemudian akan diarahkan kepada proses penghaluskan, untuk selanjutnya diubah bentuknya menjadi serbuk dan barulah selanjutnya diayak.

 

Proses Aktivasi

Dan proses yang terakhir adalah proses aktifasi yang digunakan untuk mengeluarkan setiap potensi karbon aktif yang ada. Secara umum terdapat dua metode untuk proses aktifasi ini, diantaranya adalah proses aktifasi secara kimia, dan proses aktifasi secara fisika.

Untuk proses aktifasi secara kimia biasanya akan menggunakan beberapa bahan kimia sebagai campurannya untuk memutus setiap rantai karbon dari tiap senyawa organik yang ada. sementara untuk proses aktifasi fisika bisa menggnakan bantuan panas, uap, sehingga CO2 juga bisa memutus rantai karbon.

Itulah tadi informasi singkat mengenai proses pembuatan arang aktif sebagai media filtrasi berbagai zat, diantaranya seperti pemurnian air minum yang banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai arang aktif untuk berbagai industri lainnya, maka Anda bisa langsung mengunjungi www.karbon-aktif.com, sekarang juga!

 

Apa saja kegunaan dari karbon aktif?

  1. Memutihkan gigi

Jika Anda terlalu sering merokok atau mengkonsumsi kopi, teh, atau minuman beralkohol. karbon aktif mampu mengembalikan warna gigi alami Anda serta menjaga kesehatan mulut. Karena zat carbon active dapat menyeimbangkan kadar keasaman dalam mulut, mencegah gigi berlubang, mengusir bau mulut, dan dapat meredakan penyakit gusi.

 

  1. Menawar racun

Kegunaan arang aktif yang paling banyak dikenal umumnya sebagai penawar racun. Dan jangan heran jika arang aktif biasanya selalu disediakan di instalasi gawat darurat. Namun, Ada beberapa tipe racun yang tidak bisa diikat oleh aktif karbon. Beberapa contoh tipe racun yang tidak bisa diatasi dengan mengkonsumsi aktif karbon adalah keracunan dari alcohol, sianida, dan litium.

 

  1. Membersihkan saluran pencernaan

Banyak yang tidak menyadari, bahwa saluran pencernaan biasanya dipenuhi dengan sisa-sisa zat atau racun yang beresiko menimbulkan reaksi alergi tertentu jika tidak dibersihkan. Jika Anda mengkonsumsi pil arang aktif, bisa membersihkan saluran pencernaan Anda.

 

  1. Menyerap bau

Terutama bagi Anda yang air rumahnya menimbulkan bau yang tidak sedap dan ini biasanya terjadi pada air sumur. Hal ini dapat Anda antisipasi dengan aktif karbon dan bahan yang digunakan sejumlah produk penyaring air.

 

  1. Menjernihkan

Jika air di rumah Anda terlihat keruh, itu bisa Anda tanggulangi . Caranya dengan memanfaatkan carbon active karena pori-pori yang dimiliki sangat besar, dan dapat menyerap sendimentasi dan endapan yang terdapat pada air.

 

  1. Mengambil klorin

Air yang terdapat sebuah klorin dapat diserap dengan mengunakan aktif karbon. Karena hal tersebut, cara ini dipercaya dapat menghasilkan air minum yang layak konsumsi.

 

  1. Meciptakan rasa segar untuk air

Penggunaan pada filter air di rumah Anda akan memberikan rasa segar untuk air. Jika air terasa kurang enak, bisa diatasi dengan aktif karbon.

 

Kegunaan lain dari karbon aktif untuk bidang industri antara lain:

  • Digunakan untuk sebagai permurni gas. Contohnya, tabung gas yang biasa gunakan di rumah untuk masak dan itu telah diolah.
  • Berguna sebagai filter industri minuman. Contohnya, perusahaan soda ternama Amerika Serikat dan itu mengunakan karbon dalam pembuatannya.
  • Berguna di farmasi. Biasanya di rumah sakit banyak ditemukan limbah cair, seperti bekas suntikan yang sudah pernah digunakan. Itu tidak boleh langsung dibuang karena berbahaya. Limbah cair yang digunakan harus disaring atau direndam dengan mengunakan aktif karbon untuk menghilangkan zat-zat berbahayanya.
  • Digunakan di pabrik chemical. Cara kerja pabrik ini sama seperti farmasi dengan menyaring air limbah menjadi air yang tidak berbahaya bagi lingkungan saat dibuang.
  • Berguna di pabrik gula pasir. Gunanya untuk memutihkan warna kuning yang terdapat pada gula yang dihasilkan dari air tebu.
  • Berguna di kapal. Berfungsi untuk membuat air asin menjadi air tawar.
  • Berguna di tempat cuci pakaian alias laundry dan berguna menyaring air sabun menjadi air bersih yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman dan lain-lain. Hal ini biasanya disebut sebagai karbon yang ramah lingkungan.
  • Berguna di tempat penambangan. Fungsinya untuk menyerap hasil tambang seperti emas, timah, tembaga, dan lain-lain.

Setelah membaca tulisan diatas, Anda mungkin masih belum banyak mengetahui kegunaan dan manfaat dari carbon active bagi kesehatan Anda. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai zat arang aktif, kunjungi www.karbon-aktif.com adalah salah satu supplier yang menjadi pemimpin dalam penelitian, penjualan, dan pembuatan zat aktif karbon yang bermutu tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *