Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Karbon Aktif Beserta Kegunaannya

Mengenal Karbon Aktif

Mengenal Karbon Aktif – Pada dasarnya, karbon aktif merupakan sebuah material yang didalamnya terdapat begitu banyak pori-pori yang sangat kecil. Dengan adanya begitu banyak pori-pori tersebut membuat karbon aktif memiliki banyak kemampuan untuk menyerap setiap zat lain yang dekat dengannya.

Pori-pori yang banyak pada karbon aktif tersebut tercipta berkat adanya proses aktifasi. Setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk aktifasi, yang pertama lewat pemanasan yang sangat tinggi, dan  yang kedua melalui proses pengolahan bahan-bahan kimia lainnya.

Karbon aktif sendiri juga memiliki bahan dasar yang kebanyakan berasal dari hewan, berbagai tumbuh-tumbuhan maupun berbagai mineral yang didalamnya terkandung zat karbon, salah satunya seperti arang dari batok kelapa, arang kayu keras, arang yang didapat dari pengolahan batok sawit, arang kemiri, batang jangung, dan masih banyak lainnya.

Berbagai Fungsi Dari Karbon Aktif

Karbon aktif memiliki kegunaan untuk proses penjernihan dan pemurnian air.

Karbon aktif juga memiliki kegunaan untuk proses pemurnian gas. Diantaranya bisa dilihat dari gas-gas murni yang digunakan untuk kebutuhan rumah sakit, ataupun gas yang biasa digunakan untuk memasak sehari-hari.

Karbon aktif juga memiliki fungsi lain untuk bidang filter industri makanan. Salah satunya seperti perusahaan air minum soda yang melakukan pengolahan air menggunakan karbon.

Karbon aktif juga berfungsi untuk bidang farmasi. Biasanya karbon aktif digunakan sebagai penetral dari berbagai limbah obat-obatan dan racun dari rumah sakit dan sebagainya.

Karbon aktif pun banyak digunakan untuk kebutuhan pabrik kimia. Tak jauh berbeda dengan bidang farmasi, karbon aktif disini juga berfungsi sebagai penetral agar cairan limbah yang dibuang tidak lagi berbahaya bagi lingkungan sekitar.

Untuk pembuatan gula pasir, karbon aktif juga dibutuhkan sebagai penghilang warna kuning pada gula pasir yang beredar di pasaran.

Untuk usaha tambak, karbon aktif pun juga sangat dibutuhkan. Karbon aktif disini berperan untuk mengubah air laut yang asin menjadi air tawar.

Karbon aktif pun sering digunakan untuk usaha Laundry. Disini, karbon aktif berperan untuk menyaring air sisa sabun, sehingga pada saat pembilasan, pakaian yang di cuci bisa bersih secara keseluruhan.

Tak lupa pula, karbon aktif juga berguna untuk mereka yang bekerja di penambangan. Dalam proses penambangan, karbon aktif berfungsi untuk menyerap setiap hasil tambang yang ada seperti misalnya emas, timah, tembaga, dan lain sebagainya, meskipun dengan ukuran atau kadar yang sangat kecil.

Itulah tadi beberapa informasi singkat mengenai fungsi dan kegunaan karbon aktif yang bisa digunakan untuk kebutuhan berbagai industri. Sebenarnya masih ada lebih banyak fungsi lain dari karbon aktif beserta keuntungannya. Untuk itu, jika Anda ingin mendapatkan informasi secara lebih lengkapnya, bisa langsung mengunjungi situs www.karbon-aktif.com sekarang juga!