Mengintip Proses Pembuatan Arang Aktif Karbon Untuk Proses Filtrasi

Aktif Karbon Proses Filtrasi

Aktif Karbon Proses Filtrasi РBagi Anda yang belum tahu, terdapat beberapa perbedaan antara arang biasa dan arang aktif. Arang biasa akan terbentuk melalui proses karbonisasi kayu yang pada akhirnya akan menghasilkan zat karbon. Sementara untuk arang karbon aktif, arang tersebut akan melalui proses pemasnangan yang sangat tinggi ataupun lewat penggunaan beberapa campuran bahan kimia.

Dengan begitu, pori-pori kecil yang ada di dalam arang tersebut akan menjadi terbuka dan berubah menjadi bersifat adsorben. Dimana sifat ini merujuk kepada daya serap yang tinggi berkat jumlah pori-pori berukuran mikro yang sangat banyak. Sehingga pada penggunaannya, arang aktif  berguna untuk melakukan penyerapan terhadap berbagai cairan atau gas yang beracun, bau busuk yang tidak enak, hingga proses penjernihan air atau filtrasi.

Dan untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana proses pembuatan arang aktif ini sehingga mampu menjadi penjernih berbagai racun, maka simak artikel selengkapnya, dibawah ini.

Secara umum, proses pengolahan arang aktif karbon adalah sebagai berikut:

Proses Karbonisasi

Proses karbonisasi adalah sebuah proses yang dilakukan dengan memanaskan bahan baku untuk dijadikan arang dengan minimal suhu sekitar 300 derajat celcius hingga 9000 derajat celcius.

Proses Penggilingan (Crushing)

Setelah melewati proses pemanasan, maka bahan baku tersebut kemudian akan diarahkan kepada proses penghaluskan, untuk selanjutnya diubah bentuknya menjadi serbuk dan barulah selanjutnya diayak.

Proses Aktivasi

Dan proses yang terakhir adalah proses aktifasi yang digunakan untuk mengeluarkan setiap potensi karbon aktif yang ada. Secara umum terdapat dua metode untuk proses aktifasi ini, diantaranya adalah proses aktifasi secara kimia, dan proses aktifasi secara fisika.

Untuk proses aktifasi secara kimia biasanya akan menggunakan beberapa bahan kimia sebagai campurannya untuk memutus setiap rantai karbon dari tiap senyawa organik yang ada. sementara untuk proses aktifasi fisika bisa menggnakan bantuan panas, uap, sehingga CO2 juga bisa memutus rantai karbon.

Itulah tadi informasi singkat mengenai proses pembuatan arang aktif sebagai media filtrasi berbagai zat, diantaranya seperti pemurnian air minum yang banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai arang aktif untuk berbagai industri lainnya, maka Anda bisa langsung mengunjungi www.karbon-aktif.com, sekarang juga!